Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bilangan (Number), Lambang Bilangan (Numeral) dan Angka (Digit)

Bilangan (Number), Lambang Bilangan (Numeral) dan Angka (Digit) - Pada postingan sebelumnya, sebenarnya sudah dibahas

Apa  yang dipikirkan tentang  anjing ini ?  Anjing sedang memikirkan 4 Tulang.

Bilangan (Number)

Bilangan adalah hitungan atau pengukuran yang benar-benar merupakan ide dalam pikiran kita. Kita menulis atau berbicara tentang bilangan menggunakan angka seperti "4" atau "empat". Tapi kita juga bisa mengangkat 4 jari, atau mengetuk tanah 4 kali. Ini semua adalah cara berbeda untuk merujuk ke bilangan yang sama.

Ada juga bilangan khusus (seperti π (Pi)) yang tidak dapat ditulis dengan tepat, tetapi tetap merupakan bilangan karena kita mengetahui ide di baliknya.

Lambang Bilangan (Numeral)

Lambang Bilangan adalah simbol atau nama yang mewakili sebuah bilangan. Contoh: 3, 49 dan dua belas semuanya lambang bilangan. Jadi bilangan adalah ide,lambang bilangan  adalah cara kita menulisnya.

Angka (Digit)

Angka adalah lambang tunggal yang digunakan untuk membuat sebuah lambang bilangan. Angka-angka seperti 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9 adalah sepuluh angka  yang kita gunakan dalam menuliskan lambang bilangan sehari-hari.

Contoh: Bilangan 153 terdiri dari 3 angka ("1", "5" dan "3").

Contoh: Bilangan 46 terdiri dari 2 digit ("4", dan "6").

Contoh: Bilangan 9 terdiri dari 1 angka ("9"). Jadi satu digit juga bisa menjadi bilangan.

Kita juga bisa menggunakan simbol lain, misalnya heksadesimal juga menggunakan beberapa huruf untuk sistem bilangan heksadesimal.

Angka - Lambang Bilangan-Bilangan

Jadi angka membentuk lambang bilangan, dan lambang bilangan mewakili ide angka. Sama seperti huruf membentuk kata-kata, dan kata-kata berarti gagasan tentang benda itu. Tapi coba gunakan "Angka" hanya saat berbicara tentang simbol tunggal yang membentuk angka, oke?

Tetapi seringkali orang (termasuk saya) mengatakan "Bilangan" ketika mereka seharusnya mengatakan "Angka" ... tidak masalah jika Anda melakukannya, karena orang lain memahami Anda.

Gambar: Angka , lambang bilangan dan Bilangan  vs huruf, kata dan ide

Jenis Angka dan Sistem Bilangan Lainnya

Kita semua terbiasa menggunakan Bilangan seperti "237" dan "99", yaitu sistem bilangan desimal/hindu arab tetapi orang Romawi menggunakan Angka Romawi, dan ada banyak angka dan sistem numerasi lain yang digunakan sepanjang sejarah.


Posting Komentar untuk "Bilangan (Number), Lambang Bilangan (Numeral) dan Angka (Digit)"