Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Pengukuran : Definisi Pengukuran, Unit Pengukuran, Konversi Pengukuran, Pengukuran Panjang, Pengukuran Berat, Pengukuran Waktu

Tentang Pengukuran : Definisi Pengukuran, Unit Pengukuran, Konversi Pengukuran, Pengukuran Panjang, Pengukuran Berat, Pengukuran Waktu - Pengukuran mengacu pada perbandingan besaran yang tidak diketahui dengan besaran yang diketahui. Hasil pengukuran berupa nilai numerik dengan satuan tertentu. Kita dapat mengukur panjang, massa, kapasitas (volume), dan suhu benda apa pun. Mari kita pelajari lebih lanjut di artikel ini.

Apa itu Pengukuran?

Pengukuran didefinisikan sebagai sistem atau tindakan pengukuran. Ini dapat dipahami sebagai proses mendefinisikan barang fisik menggunakan angka. Misalnya, "tongkat ini lebih besar dari tongkat itu". Pernyataan ini melayani tujuan perbandingan yang sangat terbatas di mana kita tidak tahu apa-apa tentang atribut individu dari batang yang diberikan. 

Tetapi jika kita mengatakan bahwa panjang batang pertama adalah 20 inci, dan panjang batang kedua adalah 15 inci, maka panjang batang pertama lebih besar dari panjang batang kedua sebesar 5 inci. Pernyataan ini lebih masuk akal secara matematis dan memberi kita alasan untuk deduksi kita.

Dalam matematika, pengukuran sering dianggap sebagai cabang terpisah karena mencakup berbagai pengetahuan termasuk konversi, satuan, mengukur panjang, massa, waktu, dll. Ini terkait dengan cabang lain seperti geometri, trigonometri, aljabar, dll. Kami menggunakan konsep pengukuran dengan bentuk (luas, volume, dll), mengukur tinggi dan jarak menggunakan rasio trigonometri juga merupakan jenis pengukuran (trigonometri), dan pengukuran juga dapat dilakukan dengan menggunakan besaran atau variabel yang tidak diketahui untuk membangun hubungan umum (aljabar). Nah, sebelum mempelajari satuan ukuran, mari kita pelajari singkatan-singkatan yang umumnya digunakan untuk menyatakan satuan besaran.

CentimetersCm
Metersm
Kilometerskm
Millimetersmm
Milesmi
Yardsyd
Feet/Footft
Inchesin
Milligramsmg
Gramsg
Kilogramskg
Centigramscg
Poundslbs
Ouncesoz
Tonnest (used in the Metric system)
Tont (used in the Imperial system)
litersl
millilitersml
kiloliterskl
fluid ouncefl oz
cupc
pintpt
quartqt
Gallongal
KelvinK
Fahrenheit°F
Celsius°C

Anda dapat melanjutkan dan menjelajahi semua topik penting dalam pengukuran dengan memilih topik dari daftar di bawah ini:

Unit pengukuran 

Ada berbagai unit pengukuran tergantung pada jenisnya. Misalnya, satuan ukuran panjang adalah meter, sentimeter, inci, kaki, dll. Untuk massa, kita memiliki kilogram, gram, pound, ton, dll. Ada cara untuk mengklasifikasikan berbagai satuan pengukuran menjadi dua jenis: Sistem Metrik dan Sistem Standar AS (Sistem Pengukuran Kekaisaran). Di masing-masing sistem ini, kita menggunakan unit yang berbeda untuk setiap jenis pengukuran. Unit milimeter, sentimeter, meter, dan kilometer adalah satuan pengukuran panjang di bawah sistem metrik, sedangkan inci, kaki, yard, dan mil adalah satuan di bawah sistem standar AS. 

Perhatikan bagan di bawah ini yang menunjukkan kategorisasi unit pengukuran yang berbeda dalam dua sistem pengukuran ini.



Konversi Satuan Pengukuran

Ketika kita harus membandingkan nilai dari besaran yang diberikan atau melakukan operasi aritmatika padanya, kita perlu memiliki satuan pengukuran yang sama. Misalnya, kita dapat menambahkan 12 meter menjadi 10 meter untuk mendapatkan panjang 22 meter, tetapi kita tidak dapat menambahkan 12 meter menjadi 10 inci. Dalam kasus tersebut, kita perlu mengetahui dan menggunakan 'konversi pengukuran' untuk mengubah satuan yang diberikan menjadi satuan umum. Baik itu panjang, massa, suhu, atau waktu, kami memiliki beberapa rumus yang dapat digunakan untuk mendapatkan nilai dalam satuan umum. 

Diberikan di bawah ini adalah bagan pengukuran yang dapat digunakan untuk konversi tersebut.
Pengukuran Panjang

Untuk mengukur panjang, kami menggunakan pita pengukur dan penggaris. Kita telah membahas satuan dan konversi untuk pengukuran panjang. Ada dua cara untuk mengukur panjang yaitu cara informal dan cara formal. Cara informal antara lain mengukur panjang dengan menggunakan jengkal tangan, benang, dll dimana tidak ada hubungan yang pasti antara besaran dalam angka. Cara formal termasuk unit pengukuran seperti meter, inci, dll yang memberi makna dan struktur pada temuan kami. Di bawah ini diberikan beberapa satuan dan konversinya terkait dengan pengukuran panjang.

Metric System

1 cm = 10 mm

1 m = 100 cm

1 m = 1000 mm

1 km = 1000 m

US Standard System

1 feet = 12 inches

1 yard = 3 feet

1 yard = 36 inches

1 mile = 1760 yards

1 mile = 5280 feet

Metric to US Standard System

1 cm = 0.3937 inches

1 m = 39.37 inches

1 m = 3.28 feet

1 km = 3280.84 feet

1 km = 0.62 miles

1 km = 1093.61 yards

US Standard to Metric System

1 inch = 2.54 cm

1 foot = 30.48 cm

1 yard = 91.44 cm

1 foot = 0.3048 m

1 mile = 1.6 km

1 mile = 1609.34 m

1 yard = 0.9144 m


Pengukuran Massa/Berat

Massa adalah jumlah materi yang ada dalam suatu benda. Untuk mengukur massa, kami menggunakan berbagai unit seperti gram, kilogram, miligram, pound, ons, ton, dll. Ini diukur dengan menggunakan timbangan atau timbangan. Untuk mengubah massa dari satu satuan ke satuan lainnya, kita dapat menggunakan konversi berikut:
Metric System

1 grams = 1000 milligrams

1 kilogram = 1000 grams

1 tonne = 1000 kilograms

1 megagram = 1000 kilograms

US Standard System

1 ounce = 16 drams

1 pound = 16 ounces

1 ton = 2000 pounds

Metric to US Standard System

1 gram = 0.035274 ounces

1 kilogram = 35.27396 ounces

1 kilogram = 2.20462 pounds

1 tonne = 1.10231 ton

US Standard to Metric System

1 ounce = 28.34952 grams

1 pound = 0.45359 kilograms

1 pound = 453.59237 grams

1 ton = 0.90718 tonnes


Pengukuran Waktu

Pengukuran waktu dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai satuan seperti detik, menit, jam, minggu, hari, dua minggu, bulan, dan tahun. Untuk menulis waktu, kita menggunakan A.M dan P.M, tetapi untuk mengukurnya digunakan satuan ini. 

Di bawah ini adalah tabel pengukuran yang berisi satuan waktu pengukuran beserta konversinya.




Posting Komentar untuk "Tentang Pengukuran : Definisi Pengukuran, Unit Pengukuran, Konversi Pengukuran, Pengukuran Panjang, Pengukuran Berat, Pengukuran Waktu"