Ini dia Alasan Mengapa Seorang Pendidik Harus Memiliki Blog Pribadi

Ini dia Alasan Mengapa Seorang Pendidik Harus Memiliki Blog Pribadi - Saat ini perkembangan teknologi sudah tidak dapat dibendung. Oleh karenanya, penguasaan terkait produk-produk teknologi informasi sudah menjadi sebuah keniscayaan. Blog merupakan halaman web pribadi yang biasanya digunakan sendiri oleh pemilik blog untuk menuliskan sesuatu hal yang dapat dibaca siapa saja yang mengunjungi blognya tersebut.

Banyak hal yang dapat ditulis dalam sebuah blog, mulai dari cerita pribadi, artikel apapun, berita terkini, politik, kesehatan, hukum, pendidikan, toko online, atau lainnya. Blog berguna untuk berbagi pengalaman atau pengetahuan bagi mereka yang membutuhkan. Misalnya saja ada pengguna internet yang sedang mencari referensi mengenai pendidikan. Dia dapat menuliskan kata kunci dan google akan mengarahkan seseorang untuk mengunjungi blog yang menuliskan tentang pendidikan. Jadi seorang pendidik perlu memiliki sebuah blog. Banyak jawaban terkait pertanyaan mengapa seorang pendidik seperti guru atau dosen harus memiliki blog pribadi atau istilah kerennya adalah para guru/dosen harus ngeblog.

Menjadi Penulis

Seorang guru yang memiliki blog berarti dia memiliki sesuatu untuk konten blog. Jika guru berusaha untuk mengisi blog dengan tulisan yang menarik berarti guru tersebut telah berlatih menjadi penulis. Jika sering berlatih untuk menulis, lambat laun seorang pendidik dapat menjadi penulis yang baik dan profesional.

 
 
Menjadi Guru yang Kekinian.

Aktivitas menulis blog akan selalu dibarengi dengan aktivitas membaca. Dengan demikian berarti guru terus belajar. Menulis di blog juga berarti membagikan ilmu kepada orang lain, kapan dan dimanapun. Jadi guru dapat terus menjadi pembelajar, suatu peran yang dituntut untuk seorang guru di abad 21, atau seorang guru berciri “kekinian”.

Melalui blog, seorang pendidik juga dapat tetap berhubungan dengan murid-muridnya dengan terus berbagi terkait mata pelajaran di sekolah. Guru dapat menautkan informasi-informasi penting yang perlu dipelajari anak didiknya dan juga dapat berinteraksi hal lain misalnya menyelesaikan tugas secara online. Melalui blog juga guru dapat terus mengupdate informasi yang akan dibagikan pada blognya. Memiliki blog berarti guru sudah berperan menjadi guru yang kekinian, guru yang melek teknologi informasi.

Bisa terkenal dan menginspirasi.

Jika guru yang memiliki blog memiliki konten blog yang unik dan menarik, maka dipastikan akan mendatangkan visitor. Jika banyak orang yang membaca dan merekomendasikan artikel blog ke orang lain, maka dipastikan guru tersebut akan terkenal. Blog dapat membuat penggunanya terkenal di dunia maya asalkan dia konsisten dengan niche blog yang dimilikinya.

Bisa menjadi profesi Tambahan dan Menambah Penghasilan

Guru yang blognya ramai, mungkin saja akan dihubungi untuk menjadi pembicara terkait minat yang ditunjukan dengan artikel artikel blog yang ditulisnya. Selain itu, banyaknya visitor blog dapat menarik perhatian para pemasang iklan untuk menautkan iklannya pada blog tersebut. Pemilik blog dapat menggunakan blognya sebagai media mencari penghasilan.Apalagi, sekarang ini banyak situs penyedia iklan yang menghubungkan publisher iklan (blogger/pemilik blog) dan Advertiser (pemasang iklan) seperti Google Adsense, Bidvertiser, Chitika dan yang terbaru adalah Adnow. Jika blog memiliki visitor yang cukup dan artikel artikel yang unik, kesempatan untuk menjadi publisher iklan Google Adsense akan semakin terbuka dan peluang untuk mengumpulkan pundi-pundi dolar kian terbuka.

Memperbanyak Sahabat Tanpa Sekat Ruang dan Waktu

Jika konten blog menarik dan unik, banyak pembaca setia yang akan berinteraksi dalam komentar-komentar pada postingan blog. Interaksi ini menyebabkan penulis blog memiliki banyak relasi karena selalu berinteraksi dengan pembaca setianya. Kadang-kadang penulis blog dan pembaca setianya membuat janji untuk bertemu langsung untuk sekedar berdiskusi terkait konten-konten blog. Pemilik blog juga dapat menjalin relasi dengan berbagai komunitas bloger dengan niche tertentu agar dapat saling berbagi seputar ngeblog.

Itulah alasan mengapa guru yang “kekinian” harus memiliki blog pribadi. Semoga mengispirasi para guru untuk menjadi pembelajar abad 21 yang menuntut guru menguasai teknologi komunikasi dan informasi.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini dia Alasan Mengapa Seorang Pendidik Harus Memiliki Blog Pribadi"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel