Garis Besar Materi Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar

Garis Besar Materi Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar - Konsep Pecahan merupakan salah satu materi yang diajarkan di kelas 4 tingkat sekolah dasar. Sesuai dengan kompetensi dasar matematika kelas 4 sekolah dasar kurikulum 2013 maka materi pecahan   di kelas 4 sekolah dasar meliputi: 

1.  Konsep Bilangan Pecahan.


Menyatakan pecahan dapat disimbolkan a/b  dengan a dan b adalah bilangan bulat, dan b ≠ 0. Pecahan dapat dikatakan senilai apabila pecahan tersebut mempunyai nilai atau bentuk paling sederhana yang sama. Menyederhanakan pecahan dapat dilakukan dengan menentukan FPB dari pembilang dan penyebutnya.
Membandingkan dua pecahan yang lebih kecil, lebih besar, atau sama besar dengan gambar atau benda konkret.

2.  Bentuk Pecahan.


Mengenal bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen). Jika angka pembilang lebih besar dari penyebutnya, maka pecahan tersebut dapat diubah menjadi pecahan campuran. Pecahan desimal adalah pecahan yang nilai penyebutnya adalah 10, 100, 1000, dan seterusnya yang ditulis dengan menggunakan tanda koma. Persen adalah bentuk pecahan biasa yang nilai penyebutnya 100 dan dinyatakan dengan lambang %.

Mengubah pecahan biasa ke dalam bentuk pecahan campuran desimal, dan persen, dan sebaliknya. Untuk mengubah pecahan biasa ke dalam bentuk persen maka pembilang dan penyebut sama-sama dikalikan dengan bilangan bulat positif supaya bernilai 100.

3.  Taksiran Bilangan Cacah dan Pecahan, dan Aplikasi Pecahan.


Taksiran disebut juga dengan perkiraan atau kira-kira dan disimbolkan dengan “≈”. Taksiran pada bilangan cacah adalah menaksir hasil operasi  hitung dengan taksiran atas, taksiran bawah dan taksiran terbaik. Taksiran pada pecahan terdiri dari taksiran pecahan biasa dan campuran, taksiran desimal dan taksiran persen. Taksiran pecahan biasa dan campuran adalah menaksir hasil operasi hitung dengan cara membulatkan pecahan ke satuan terdekat. Taksiran desimal adalah menaksir hasil operasi hitung dengan cara membulatkan semua suku ke satuan atau puluhan terdekat. Taksiran persen adalah menaksir hasil operasi hitung dengan cara membulatkan semua suku yang ada sesuai dengan acuan bilangan persen.

4. Menyelesaikan masalah sehari-hari berkaitan dengan pecahan dan taksiran. 


Dalam kehidupan sehari-hari banyak permasalahan yang memanfaatkan konsep pecahan.

Materi di atas merupakan salah satu materi matematika pada  buku mata pelajaran kelas 4 sd yang dapat diunduh secara gratis pada kategori Buku Siswa.

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel