Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Bilangan Bulat Pada Siswa Sekolah Dasar

Pengenalan Bilangan Bulat Pada Siswa Sekolah Dasar - Bilangan bulat terdiri dari bilangan asli beserta negatifnya (lawannya) dan bilangan nol. Bilangan bulat dinotasikan dengan huruf B. Jika dituliskan dalam himpunan, B = { ... -2, -1, 0, 1, 2, ...}. Bilangan asli dalam himpunan bilangan bulat biasa disebut bilangan bulat positif sedangkan lawan dari bilangan asli biasa disebut sebagai bilangan bulat negatif.

Untuk membelajarkan siswa tentang bilangan bulat dapat dilakukan dengan cara mengingatkan kembali tentang bilangan cacah yang telah diperoleh siswa. Sebagai contoh guru dapat bertanya kepada siswa tentang berbagai contoh bilangan cacah, bilangan cacah yang terkecil atau sebutkan bilangan cacah yang pertama. Kemudian sebagai motivasi pengenalan bilangan bulat negatif guru dapat bertanya “apakah ada bilangan yang lebih kecil dari 0?” atau “ berapakah hasil dari 4-6?” Tentu saja kebanyakan siswa akan merasa kebingungan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Dalam situasi inilah guru dapat memberitahukan kepada siswa bahwa ada bilangan bulat yang dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Untuk mengenalkan bilangan bulat negatif kepada siswa guru dapat mengkaitkannya dengan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang mencakup bilangan bulat.

Nonton Video Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat


Contohnya:

1.Sebuah kapal berada pada kedalaman 50 meter dibawah permukaan laut yang dapat dinyatakan sebagai sebuah kapal berada pada kedalaman -50 m (dibaca begatif lima puluh meter). Dalam menjelaskan masalah ini seharusnya disertai dengan gambar agar siswa dapat melihat dengan nyata apa yang dimaksud dengan -50 m.

Baca Juga
  1. Bilangan Bulat: Operasi Bilangan Bulat dan Sifat-Sifatnya
  2. Bilangan Bulat: Pengertian Bilangan Bulat
  3. Operasi Bilangan Buat: Pengurangan Bilangan Bulat
  4. Operasi Bilangan Bulat : Penjumlahan Bilangan Bulat
  5. Operasi Bilangan Bulat: Pembagian Bilangan Bulat
  6. Operasi Bilangan Bulat: Perkalian Bilangan Bulat
  7. Pembahasan Soal Bilangan Bulat
2.Suhu es tertentu adalah adalah -3oC (dibaca negatif 3 derajat celcius). Dalam hal ini seharusnya guru membawa alat peraganya agar siswa dapat melihat secara nyata termometer yang menunjukkan bilangan negatif dan merasakan bahwa termometer yang menunjukkan bilangan negatif menyatakan situasi yang dingin. Jika peralatan tidak terjangkau guru dapat menceritakan saja bahwa jika termometer berada dalam suhu yang dingin maka termometer tersebutk kemungkinan akan menunjuk pada bilangan negatif. 

Masih banyak lagi masalah yang berkaitan dengan bilanga bulat. Setelah siswa mengenal bilangan positif, nol dan bilangan negatif, guru dapat memberitahukan kepada siswa bahwa bilangan positif, nol dan bilangan negatif disebut bilangan bulat.

Posting Komentar untuk "Pengenalan Bilangan Bulat Pada Siswa Sekolah Dasar"