Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Matematika SMP Kelas VII : Bilangan Bulat

Matematika SMP Kelas VII : Bilangan Bulat - Bilangan bulat dipelajari oleh siswa ketika berada di tingkat sekolah dasar. Materi ini diperkuat di awal awal ketika siswa berada di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) tepatnya di kelas VII semester 1. 

Siswa perlu memiliki kompetensi matematika yang berhubungan dengan bilangan bulat yaitu : memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan pengunaannya dalam pemecahan masalah. Selain mereka dituntut untuk dapat melakukan operasi hitung bilangan pecahan; mereka juga diharapkan dapat menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan pecahan dalam pemecahan masalah sehari-hari.

Materi-materi bilangan bulat di SMP meliputi : Pengertian Bilangan Bulat, Penerapan Bilangan Bulat dalam Kehidupan, Penjumlahan Pada Bilangan Bulat, Sifat-Sifat Penjumlahan Pada Bilangan Bulat, Pengurangan Pada Bilangan Bulat, Perkalian Pada Bilangan Bulat, Sifat-Sifat Perkalian Pada Bilangan Bulat, Pembagian Pada Bilangan Bulat, Sifat-Sifat Pembagian Pada Bilangan Bulat, Menaksir Hasil Perkalian dan Pembagian Pada Bilangan Bulat, Kelipatan Suatu Bilangan Bulat Positif, KPK dari Dua Bilangan atau Lebih, Faktor Suatu Bilangan Bulat Positif, FPB dari Dua Bilangan atau Lebih, Menentukan KPK dengan Faktorisasi Prima, Menentukan FPB dengan Faktorisasi Prima, Menentukan KPK dan FPB dengan Pohon Faktor, Pengertian Perpangkatan Bilangan Bulat, Sifat-Sifat Bilangan Berpangkat, Pengertian Kuadrat dan Akar Kuadrat, Pengertian Pangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga, Operasi Hitung Campuran Pada Bilangan Bulat dan Penerapan Operasi Hitung Bilangan Bulat.

Materi-materi tersebut di atas dapat ditemukan pada tautan-tautan yang saya sertakan berikut ini:
  1. Contoh Bilangan Prima dan Komposit
  2. Bilangan Bulat: Operasi Bilangan Bulat dan Sifat-Sifatnya
  3. Bilangan Bulat: Pengertian Bilangan Bulat
  4. Operasi Bilangan Buat: Pengurangan Bilangan Bulat
  5. Operasi Bilangan Bulat : Penjumlahan Bilangan Bulat Bahan ajar, latihan soal dan LKS Penjumlahan
  6. Operasi Bilangan Bulat: Pembagian Bilangan Bulat
  7. Operasi Bilangan Bulat: Perkalian Bilangan Bulat
  8. Pembahasan Soal Bilangan Bulat
  9. Pengenalan Bilangan Bulat Pada Siswa Sekolah Dasar
  10. Soal dan Jawaban Ujian Nasional Matematika Pokok Bahasaan Bilangan Bulat
  11. Soal-Soal Bilangan Bulat dan Pembahasannya
  12. Pola Bilangan dan Latihan Soal Pola Bilangan
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Matematika SMP Kelas VII : Bilangan Bulat"